Selasa, 30 Juni 2015

Mengenang Teman Seperjuangan...


HELICOPTER

Ga terasa satu tahun udah gue laluin disini,memasuki semester 3 gue udah bener2 insyaf dan udah jarang banget titip absen lagi gue pengen serius jalanin kuliah.Bisa dibilang gue udah berubah dari sebelumnya,dan semester 3 ini adalah salah satu waktu dimana banyak terjadi perubahan dalam hidup gue.Akhirnya gue bisa nemuin jati diri gue sekaligus potensi yang tersembunyi dalam diri gue.
Salah satu peristiwa yang bakal mempengaruhi kelangsungan  hidup gue kedepannya di semester ini adalah berakhirnya karier tunggangan gue,sebenernya ini bukan hal yang besar tapi karena udah  banyak banget kenangan yang pernah  gue jalanin bareng kuda pacu gue yang setia ini,jadi gue mau cerita sedikit tentang motor tempur gue yang akhirnya harus pensiun dan menyerahkan tanggung jawabnya kepada penerusnya.
Tunggangan andalan gue yang satu ini adalah motor merk Suzuki Smash model lawas warna item,bisa dibilang kondisinya cukup memprihatinkan dimana sayapnya udah ga ada, jok bagian depannya udah bolong2,striping sebelah kirinya kebelah (gara2 pernah kecelakaan) dan disatuin lagi pake lakban item,lampunya kadang bisa idup kadang enggak (tergantung moodnya),stater electric sama sekali udah ga berfungsi, ,begitupun spidometer dan indicator bensinnya yang memaksa gue untuk liat kedalem tanki bensin dulu buat sekedar tau bensinnya udah mau habis atau belum,ngidupin mesinnya pun ga bisa dibilang gampang karena tiap mau “genjot” kick staternya gue harus ancang2 dulu dan mesinnya ga bakal idup hanya dengan sekali engkol,minimal 3-10 kali baru mau nyala,kalo nafas gue udah abis buat ngengkol nih motor dan ga mau nyala2 juga gue harus ngecheck businya karena sering bermasalah.Kalo lo pikir itu udah parah banget,lo salah besar,karena masih ada masalah yang lebih ngeselin lagi dari motor ngehe ini yaitu suaranya pas lagi jalan yang lebih mirip mesin parutan kelapa dan asep yang dihasilkan dari knalpotnya ngalahin asep penyemprotan demam berdarah.
Biarpun begitu gue sayang banget sama nih motor karena udah setia nemenin gue selama beberapa tahun belakangan,dan banyak kenangan yang gue jalanin bersama motor ini,mulai dari mogok ditengah2 tanjakan pas lagi macet,ditilang pak polisi pas gue ga bawa stnk dan belom punya sim,sampe jatoh di jalanan berpasir yang bikin kaki kanan gue cedera parah dan gue ga bisa jalan selama seminggu lebih.Pokoknya segala macem kenangan udah pernah kita alamin mulai dari yang seneng2,yang lucu2,yang goblok2 sampe yang tragis.
Eits tapi jangan salah sangka dulu biarpun motor gue butut tapi udah banyak banget cewe yang pernah gue boncengin pake motor ini,gue juga ga tau kenapa mereka mau2nya gue boncengin pake tunggangan gue yang kalo kemana2 selalu jadi pusat perhatian,bukan karena bodinya yang keren atau suara mesinnya yang sangar,tapi justru sebaliknya motor ini punya suara yang annoying banget plus nyebarin polusi udara kemana2.
Salah satu cewe yang paling sering gue boncengin pake motor ini adalah temen gue yang bernama Frisca,dia adalah temen satu kelompok PMB gue,dan selama PMB sampe masa2 kaderisasi gue sering banget nganter jemput doi ke kampus,ke kosannya atau kemanapun.Alesannya simple aja,karena si Ariat yang waktu itu adalah ketua kelompok PMB gue dan merupakan salah satu orang yang paling gue respect di geologi sempet bilang ke gue “yo,frisca tanggung jawabmu yaa”,gue juga ga ngerti kenapa gue harus ngurusin cewe yang bahkan waktu itu baru gue kenal.Tapi gimanapun juga doi adalah cewe satu2nya di kelompok ini dan pastinya harus banget dilindungin sama 7 orang cowo yang juga anggota kelompok ini,tapi kenapa harus gue yang tanggung jawab soal frisca gue masih ga ngerti (-–“).
Selain nganter jemput doi tiap ada kegiatan kaderisasi gue juga sering nganter dia ke kosan temennya,atau sekedar nganterin beli makan,bahkan pernah juga gue nemenin dia makan berdua doang.Frisca ini udah gue anggep kaya kakak gue sendiri,selain karena dia lebih tua dari gue juga karena kita udah sering banget bareng walaupun gue sama dia ga nyambung2 banget.Pernah suatu waktu,kita abis kumpul kelompok malem2 dan pas mau balik doi ditawarin balik bareng sama temen gue yang lain (masih sesama anggota kelompok),dari 8 orang anggota kita,ada 4 orang yang bawa motor (termasuk gue).Si Krisna dengan Honda CBR nya,Dok dengan Jupiter MXnya,Surya dengan Jupiter Z barunya dan terakhir gue dengan motor butut gue atau yang sering anak2 geologi panggil dengan sebutan “Helikopter” .Kalo lo jadi Frisca mungkin balik bareng gue adalah hal terakhir yang bakal terlintas di pikiran lo,tapi ternyata doi malah bilang “aku bareng tio aja deh,aku udah jatuh cinta sama helicopter hahaha”,pas denger itu rasanya gue pengen ngakak tapi di sisi lain gue kasian karena kakak gue yang satu ini kayanya lagi kehilangan akal sehatnya.Dan akhirnya seperti biasa gue pun nganterin doi balik ke kosannya.
Seiring dengan meningkatnya popularitas si motor tempur,maka tunggangan gue ini pun dapet banyak julukan dari temen2 gue,mulai dari “Motor kamen rider”,”Motor Tempur” ,”Foging” (karena tiap gang yang abis dilewatin sama motor gue,pasti keliatan kaya abis ada pembasmian demam berdarah disitu),terus ada juga ”ghost rider” (bedanya kalo motornya gost rider ngeluarin jejak api,kalo motor gue jejaknya Cuman asepnya doang…ya masih 11:12 lah…),dan yang paling populer adalah julukan “Helikopter”,kedengerannya sih emang keren tapi yang bikin anak2 ngejulukin motor gue dengan sebutan Helikopter adalah karena tiap gue dateng bareng tunggangan gue ini,dari jauh suaranya udah kedengeran kaya helicopter yang mau mendarat,padahal kalo udah deket mah lebih mirip suara bajaj yang knalpotnya kemasukan aer.
Menurut gue Helicopter adalah The best bike I ever had…jatuh tersungkur di jalanan aspal sudah sangat sering dialaminya,dan mulai dari jalanan bergelombang sampe yang kriting sekalipun bukan halangan baginya untuk melintas,pokoknya gue salut banget lah sama Helicopter,gue udah nganggep doi layaknya temen seperjuangan gue.Kalo ada orang yang nanya “Kok ada ya orang yang mau temenan sama motor?” jawabanya adalah :”kenapa enggak?” toh menurut gue Helicopter tuh ga kaya benda mati,doi juga punya perasaan dan pikiran.Buktinya adalah setiap gue ngatain dia Goblok atau Tolol dia pasti ga bakal mau jalan. Dan dulu pernah juga waktu gue selek sama Helicopter terus gue maksa dia nganterin gue kursus eh ditengah jalan pas gue lagi ngebut si doi ga mau berenti padahal gue udah ngerem sekenceng2nya dan nyuruh dia berenti tapi apa daya mungkin emang salah gue karena udah bikin doi ngambek,alhasil gue sama dia koprol di tengah jalan raya terus kita sama2 dirawat deh selama beberapa minggu,kaki kanan gue cedera lumayan parah dan memaksa gue harus seminggu tepar di tempat tidur dan nasibnya si Helicopter juga ga kalah tragis…stripingnya kebelah,stangnya bengkok,dan lampunya pun pecah.Setelah tragedy itu terjadi,gue pun maaf2an sama doi dan setelah itu kita sohiban lagi.
Oh iya,ada satu kejadian yang bakal gue inget seumur hidup gue…ceritanya bermula saat gue,Ariat,Dheswara,Dok,dan Ahong punya niat buat ngontrak berlima,waktu itu kita lagi gencar2nya nyari kontrakan disekitar Tembalang.Pada suatu hari sepulang kuliah,kita berlima mengawali pencarian kita ke daerah Bukit Umbul,tapi sayangnya harganya mahal2 banget yaitu diatas 40 juta setahun tapi kita tetep nekat nyari di daerah situ karena rumahnya bagus2 banget.Bahkan Ariat sama Deswara nekat nelpon nomer yang terpampang dipapan depan rumah yang mau dikontrakin.Alhasil harga yang didapet sekitar 70jutaan,ya iyalah orang rumahnya kaya istana yang di sinetron Indosiar gitu.
Setelah kita puas jalan2 di Bukit Umbul dan ga dapet2 kontrakan dengan harga yang kita harapkan,maka kitapun berniat balik ke kost masing2,waktu itu posisinya adalah Dok boncengin Ariat pake Jupiter MX,Dheswara bawa motor Varionya sendirian,dan Gue boncengin Ahong naik Helicopter. Padahal Ahong udah gue suruh bareng Dheswara aja karena motor gue yang udah aki2 ditambah berat badan dia yang ga bisa dibilang biasa aja maka setiap ngelewatin tanjakan si Helicopter membutuhkan tenaga extra buat nanjak bahkan sampe ngeden2 segala udah kaya ibu2 yang mau ngelahirin 7 anak kembar sekaligus.
Nah tragedi bermula saat kita berlima ngelewatin rumah yang terdapat 2 ekor Anjing didepannya…sebenernya itu anjing udah ngeliatin kita dari jauh tapi gue sama yang lain pada pura2 ga liat dan berusaha sebisa mungkin ga natap matanya si anjing.Tapi gobloknya,si Ahong malah ngeliatin balik tuh Anjing dan hasilnya si Anjing jadi ngerasa ditantangin sama makhluk malang dibelakang gue ini,terus dua Anjing ini tiba2 langsung ngejar kita,dan pastinya gue,dheswara dan Dok yang pegang kemudi langsung ngegas sekenceng2nya dan disinilah bagian yang tragisnya karena tepat didepan kita sudah menunggu tanjakan dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat.Terus gue mikir dalam hati “mampus gue…kayanya ga kuat nih motor” maka pada saat itu juga gue sempet kepikiran buat numbalin Ahong,rasanya pengen gue ikhlasin aja dia buat dicemilin sama anjing2 di belakang,sapa tau aja gue bisa selamet dengan cara itu.Tapi tiba2 gue pun tersadar gara2 teriakannya si Ahong dan ga terasa kita udah mau ngelewatin tanjakannya dan bener aja ternyata si Helicopter ga kuat nanjak.....waktu itu gue rasanya pengen banget nangis,tapi ternyata si Ahong udah nangis duluan di belakang sambil teriak2 “YOOOOO…. CEPETAN YOOOO!!! INI ANJINGNYA UDAH MANGAP2 DI KAKI GUA HWAAAAA…!!! Terus gue bales teriakannya dengan ga kalah panik “INI UDAH MENTOK HONG GASNYA…SUMPAH GUE GA BO’ONG…!!!” waktu itu gue panik setengah mampus dan sementara si Helicopter masih berjuang keras ngelewatin tanjakan dengan susah payah pada kecepatan 5 KM/Jam,gue pun ngumpulin segenap keberanian gue untuk nengok ke belakang buat tau posisi si anjingnya udah sampe mana…daaaaaaannn pas gue nengok ke belakang,reflek gue langsung teriak “K*NNTTTOOOOOOOOOLLLL…!!!”,soalnya tuh anying2 udah ngejilatin betisnya si Ahong aja,oke mungkin agak lebay ya tapi emang mulutnya udah beneran mangap2 pengen banget nyicipin manis gurihnya betis Ahong,dan gue rasanya pengen banget bilang ke Ahong “HONG TURUNLU…!!! UDAH IKHLASIN AJA BETISLU…NTAR JUGA NUMBUH LAGI!!!” tapi sayangnya gue orangnya ga tegaan,toh selama masih ada Ahong di belakang gue,seenggaknya gue aman bwahahaha (ketawa iblis).
Namun akhirnya kita pun selamat dari terkaman duet maut itu dan pahlawan yang mengakhiri penderitaan gue sama Ahong tidak lain dan tidak bukan adalah pembantunya yang punya rumah,coz doi udah teriak2 manggilin tuh anjing2 jahanam sambil bawa2 sabit di belakang sana,dan alhasil merekapun balik ke rumah mereka…gue ga tau bakal diapain tuh anjing sama pembantu itu,tapi yang penting gue….eh kita akhirnya selamet.
Gue ga kebayang kalo sampe si mbak2 sangar yang bawa sabit tadi munculnya telat,karena tinggal sepersekian detik lagi mungkin betisnya Ahong udah beneran diemut sama tuh anjing.Dan untungnya berkat kesabaran gue untuk ga numbalin Ahong,maka Ahongpun masih sanggup berjalan dengan kedua kakinya.Tapi gue juga kasian sama tuh anjing,semoga aja doi ga divonis mengidap Bronchitis Pneumonia setelah terlalu banyak menghirup asep knalpotnya Helicopter.Sebenernya itu bukan satu2nya pengalaman gue dikejar anjing,tapi yang bikin kisah ini jadi spesial adalah gue hampir dicemilin anjing hanya karena ketidakmampuan si Helicopter buat ngelewatin tanjakan…...well,Maybe its time for you to retire old man…

Sejak saat itu guepun mulai berpikir kayanya udah saatnya si helicopter buat gantung knalpot.....gue ga bisa terus maksain doi buat nganter gue kemana2 dengan kondisinya yang udah kaya gini,udah saatnya helicopter menikmati masa tuanya dan beristirahat dengan tenang di garasi rumah gue.Selamat tinggal Helikopter.........,gue bakal selalu mengingat jasa2 lo selama ini,menurut gue lu adalah motor legend yang ga kalah dari Yamaha YZR-M1 nya Valentino Rossi ataupun Honda RC212V nya Dani pedrosa..mungkin lu udah ga bisa melaju di jalanan aspal lagi,tapi lu bakal tetep melaju di hati gue…Addio amico,mi ricordero per sempre la memoria di noi due :’)
Foto ini diambil hanya beberapa saat setelah tragedi naas tersebut  berakhir,bahkan kaki gue masih gemeteran pas lagi ngambil foto ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar